Sosialisasi Measle Rubela ( MR ) Dan Monitoring dan Evaluasi Hasil Cakupan MR.

Rapat Sosialisasi MR dan Rubella yang dilaksanakan di UPTD Puskesmas Handil Baru bersama

  1. Kepala KUA kec Samboja Bpk Normansyah.
  2. Kepala UPTD Pusksmas Handil Baru.
  3. Camat Kecamatan Samboja, di wakilin Bapak Nasuha, Kasi Kesra Kecamatan.
  4. Dinas Kesehatan Kabupaten Kutai Kartanegara.
  5. Ketua MUI Kabupaten Kutai Kartanegara Bpk Drs H.Aminuddin Edy MM.
  6. Kepala Sekolah SLTP, TK, PAUD, dan Kader Posyandu

Dilaksanakanya rapat koordinasi lintas sektoral ini adalah adanya upaya untuk meningkatkan cakupan Program Imunisasi MR di wilayah kerja UPTD Puskesmas Handil Baru yang terdiri dari 8 kelurahan, hal ini disebabkan karena hasil cakupan imunisasi yang di laksanakan pada bulan Agustus dan September di Posyandu, Paud, TK, SD dan SLTP belum mencapai target yang di tetapkan oleh pemerintah yaitu 95 %.

Adapun faktor penyebab tidak tercapainya program ini adalah:

  1. Masih banyaknya masyarakat yang belum memahami secara utuh dan benar tentang program imunisai ini.
  2. Adanya berita dari media social yang bermacam macam tentang imunisasi MR, baik yang pro maupun yang kontra, sehingga masyarakat mudah terpengaruh dari media saosial tersebut dan sebagian bersikap kurang setuju.
  3. Dalam proses pelaksanaan di Posyandu dan di sekolah, kita menggunakan metode sosialisasi terlebih dahulu baru pelaksanaan, namun sebagian masyarakat masih tetap berkomitmen untuk tidak mau di munisasi anaknya, dengan alasan kehalalan vaksin.
  4. Masih banyaknya tokoh masyarakat, Guru, kader, yang juga belum secara penuh mempunyai persamaan pendapat ( belum sependapat tentang Program Imunisasi MR ini.
  5. Adanya surat edaran dari pihak sekolah tentang ijin dan persetujuan orang tau murid apa bila anaknya mau di lakukan imunisasi MR.

Tujunan dan harapan dilaksanakan kegiatan Lintas Sektor dan Kampanye Imunisasi Campak dan Rubela MR ini adalah:

  1. Terlaksananya kampanye sosialisasi Campak dan Rubela , sehingga seluruh undangan yang hadir dapat mendengarkan langsung dari narasumber kabupaten Kutai Kartanegara, sehingga dapat lebih memberikan dukungan penguatan terlaksananya program MR.
  2. Sebagai bahan diskusi menyampaikan saran dan masukan dari seluruh pihak baik lintas sector, tokoh agama, dan tokoh masyarakat secara langsung, yang di harapkan dapat di jadikan pedoman kerja untuk pelaksanaan imunisasi selanjutnya.
  3. Terjalinya komuniskasi serta kesepahaman dari seluruh peserta rapat sehingga peran dari masing masing pihak dapat lebih maksimal dalam mendukung pelaksanan MR ini.

Tercapainya kesepakatan dan komitmen bersama untuk mengambil kebijakan dan strategi, yang di harapkan dapat terlaksananya MR ini kembali secara baik sehingga dapat mancapai target yang di harapkan.

Dokumentasi Kegiatan :

IMG-20181015-WA0009

IMG-20181015-WA0024


IMG-20181015-WA0057

 

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *