Demi mensukseskan program pencegahan penyakit kecacingan, UPTD Puskesmas Handil Baru menugaskan para petugas puskesmas untuk melakukan pemberian obat cacing secara gratis ke sekolah-sekolah maupun di posyandu, kegiatan ini berlangsung sejak bulan juli 2020. Kegiatan ini dimaksudkan agar bisa mencegah penyakit kecacingan pada anak-anak, bila mana penyakit ini dibiarkan maka akan mengahambat tumbuh kembang anak.

Penyakit kecacingan merupakan salah satu penyakit yang paling banyak ditemukan pada anak-anak terutama yang tinggal di daerah dengan hygiene dan sanitasi yang rendah.

Cacingan adalah salah satu penyakit yang berbasis lingkungan maka perhatian terhadap sanitasi lingkungan sekitar perlu ditingkatkan. Oleh karena itu lakukan perilaku hidup bersih dan sehat.

Sebelum memberikan obat cacing ini pada anak sekolah terlebih dahulu para petugas kesehatan memberikan penyuluhan tentang penyakit yang disebabkan oleh kecacingan dan juga cara memakan obat cacing dengan benar.

Dengan terlaksananya kegiatan ini maka diharapkan penyakit-penyakit yang disebabkan oleh kecacingan ini dapat dituntaskan.

Berikut Dokumentasi Kegiatan Pemberian Obat Kecacingan di sekolah-sekolah dan posyandu

Kegiatan di Posyandu

Kegiatan Pembagian Obat Cacing di Sekolah

Leave a Comment