Pendampingan Investigasi KIPI Wujud Tanggung Jawab Tim Kesehatan Program Imunisasi

Kejadian ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) adalah semua yang terjadi setelah anak dilakukan imunisasi yang berhubungan dengan tindakan pemberian imunisasi ataupun yang tidak ada hubungannya sama sekali.

Puskesmas Handil Baru beserta Dinas Kesehatan Kukar dalam menjalankan program kesehatan imunisasi selalu diikuti dengan monitoring dan evaluasi sebagai upaya untuk mengetahui dampak dalam kualitas pelayanan di masyarakat.
Begitu mendapat laporan, tgl.28 November 2019 Tim Gerak Cepat Petugas Puskesmas Handil Baru Beserta Tim Dinkes Kukar melakukan investigasi kasus KIPI diwilayah Puskesmas Handil Baru , sebagai tindak lanjut laporan yang disampaikan petugas dilapangan (bidan desa setempat)yang merupakan hasil kegiatan koordinator imunisasi, surveilans KIPI Puskesmas. Kegiatan ini selain untuk memastikan pasien mendapatkan pelayanan sesuai prosedur juga melakukan kajian kriteria kasus KIPI yang dilaporkan.

Kunjungan rumah telah dilakukan sebanyak 4 kali pada bulan nopember 2019 dan januari, februari, maret 2020 serta pendampingan ke RS sebanyak 2 kali pada bulan februari dan maret 2020, pada kegiatan ini dilakukan wawancara orang tua bayi oleh Tim Puskesmas dan Tim Dinkes Kukar untuk diobservasi, selain itu kegiatan program imunisasi dan surveilans KIPI dan investigasi dalam dugaan kasus KIPI merupakan bentuk tanggung jawab Tim Kesehatan terhadap pelaksanaan imunisasi sehingga program imunisasi dapat terus ditingkatkan untuk bisa memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat khususnya dalam wilayah Puskesmas Handil Baru.

Tim Kesehatan Puskesmas beserta Tim Dinkes  mendampingi orang tua dan anaknya ke Rumah Sakit Aji Batara ke bagian poli anak, Jumat 13 Maret 2020. sambil menunggu hasil pemeriksaan lanjutan oleh Dokter Rumah Sakit, hasilnya ternyata anak tersebut harus menjalani pengobatan terkait adanya diagnosis penyakit ditubuhnya setelah melalui pemeriksaan rontgen yang sebelumnya tidak diketahui oleh orang tua anak tersebut.

jhabs

WhatsApp Image 2020-03-14 at 14.08.59 (1)

 

Semoga anak tersebut cepat pulih dan sehat selalu.

salam sehat.

34 views

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *