Kegiatan Donor Darah Di Puskesmas Handil Baru

Selasa 23 Juli 2019, Di Puskesmas Handil Baru telah mengadakan kegiatan donor darah yang diikuti masyarakat wilayah kerja Puskesmas Handil Baru.  Program Kerjasama antara Puskesmas Handil Baru, IBI Ranting Muara Jawa, DPK PPNI Pesisir Selatan dengan Unit Transfusi Darah Rumah Sakit Abadi Samboja dalam pelayanan darah untuk menurunkan angka kematian Ibu yang diharapkan dari kekurangan jumlah kantong darah dan jenis golongan darah dapat dipenuhi. Kegiatan Donor darah meliputi pemeriksaan fisik, seleksi pendonor darah dan pengambilan darah untuk ditaruh di kantong darah.

8ef1fd12-a071-4782-86de-8fb7e6e630c8
Kegiatan pengerahan dan menyeleksi pendonor darah di Puskesmas Handil Baru oleh tenaga kesehatan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kecukupan persedian darah dalam menunjang penurunan kematian ibu hamil dan juga ibu yang melahirkan. Seleksi pendonor dalam kegiatan ini ditujukan untuk menyiapkan calon pendonor yang sehat yaitu memenuhi syarat donor darah.

donor darah
Untuk bisa menjadi pendonor darah, memang pada umumnya ada syarat-syarat yang harus dipenuhi yakni berusia 17 – 60 tahun , berat badan diatas 45 kg, Hb diatas 12,5 grm, denyut nadi normal dan tekanan darah baik, tidak menstruasi dan tidak mengkonsumsi obat-obatan serta tidak mempunyai riwayat berat atau penyakit menular.
Antusias masyarakat untuk menjadi pendonor sangat banyak namun ada beberapa yang tidak lolos karena tidak termasuk dari persyaratan pendonor.  Di Puskesmas Handil Baru Masyarakat yang menjadi pendonor sekitar 41 Orang.

WhatsApp Image 2019-07-23 at 09.51.31 (2)
Donor Darah merupakan salah satu kegiatan yang bernilai kemanusiaan dan bermanfaat bagi kesehatan pendonor. Untuk itu bagi masyarakat jangan merasa takut untuk mendonorkan darahnya karena satu tetes darah sangat berarti bagi mereka yang membutuhkan.

WhatsApp Image 2019-07-23 at 11.06.03

Salam Sehat Puskesmas Handil Baru

51 views

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *