Inilah trik-trik Siasati Puasa Tidak Lemas Sepanjang Hari

food/inews
(food/inews)

Supaya puasa lancar dan tidak mengalami lemas maka itu anda bisa melakukan beberapa hal berikut :

1. Usahakan jangan lewatkan makan sahur
Mengkonsumsi makanan yang sehat saat sahur menjadi hal penting, makanan yang dikonsumsi saat sahur merupakan cadangan energi untuk tubuh sehingga membantu tubuh tetap terhidrasi dengan baik sampai waktu berbuka, dan perlu diingat ketika berbuka jangan konsumsi makanan yang berlebihan.

2. Konsumsilah makanan yang mengandung gizi seimbang
Makanan yang mengandung karbohidrat seperti oats, kacang-kacangan sehingga bisa memberikan rasa kenyang saat berpuasa, tidak cuman itu tetapi juga menjaga gula darah anda tetap stabil. Makanan lainnya yaitu makanan yang mengandung serat seperti makanan sereal, buah-buahan dan sayuran,  serta makanan lainnya seperti telur, daging, yogurt, keju yang hal ini untuk membantu anda tetap terhidrasi berenergi.

3. Makanlah secukupnya dan jangan berlebihan
Memang ketika melihat makanan saat berbuka begitu menggiurkan tetapi perlu diketahui sangat penting jika menyantap sajian berbuka dengan perlahan, yaitu mulailah dengan air putih, setelah itu konsumsi kurma yang berfungsi memberikan energi tubuh dan seusai shalat anda bisa langsung mencicipi makanan yang mengandung banyak sayuran, protein dan juga karbohidrat. Namun pastikan juga anda makan dengan perlahan untuk memberikan waktu tubuh untuk mencerna makanan yang masuk.

4. Konsumsilah sup-supan

Sup yang hangat bisa jadi pilihan saat berbuka puasa, sup ini bersifat menghangatkan tubuh, sup yang berisi sayuran, lauk yang berprotein sangat enak disajikan hangat-hangat saat berbuka.

5. Tips agar tetap terhidrasi
Ketika waktu berbuka dan sahur sebaiknya banyak-banyak minum cairan berupa air putih, pastikan untuk meminum air sebanyak 8 gelas setiap hari, dan jika konsumsi minuman lain maka pastikan tidak terlalu banyak.

6. Hindarilah minuman-minuman yang berkafein
Minuman ini bisa membuat tubuh lebih mudah dehidrasi

7. Kurangilah makanan yang berlemak
Konsumsi makanan yang seimbang bisa membantu memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh anda.

8. Hindari gorengan-gorengan
Minyak pada gorengan bisa membuat tenggorakan anda merasa tidak nyaman, dan kita tidak tahu bahwa banyak minyak dipakai untuk menggoreng sudah dipakai berkali-kali sehingga tidak baik buat tubuh, jika ingin menikmati gorengan tersebut sebaiknya buatlah sendiri dengan batas yang tidak berlebihan.

18 views

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *