Inilah Menurut Dokter Bahaya Paling Fatal Layar Gadget Bagi Mata Anak

(peradabandunia)
(peradabandunia)

Seiring dengan berjalannya teknologi, smartphone kini menjadi gadget yang umum dimiliki banyak orang bahkan pemandangan biasa sering kita jumpai bagi pengguna smartphone yang kategori balita, balita sekarang sudah bisa mengakses internet, video dan uniknya mereka sudah hapal mengakses walau belum bisa membaca. Begitu asyiknya mereka kadang menggunakan smartphone tanpa jeda serta posisi dekat dengan mata.

Peran orangtua terhadap anak sangatlah penting dalam mengawasi penggunaan gadget, memang tidak semua orangtua namun kebiasaan menatap layar smartphone ternyata punya efek masalah mata terutama pada anak yang tidak ada jeda bermain gadget.

Menurut pandangan dr. Devina Nur Annisa, SpM yakni Spesialis mata dari Jakarta Eye Center, penggunaan gadget dalam kegiatan sehari-hari dengan jarak yang begitu dekat yaitu 30 – 40 cm bisa menyebabkan kontraksi otot Cilliaris didalam bola mata, atau lebih dikenal dengan istilah akomodasi, jika akomodasi berlebihan pada mata anak, maka akan menimbulkjan mata minus, apalagi anak-anak dalam masa tumbuh kembang.

“Meskipun kelelahan mata / asthenopia memiliki masalah serupa dengan orang dewasa namun perbedaannya anak-anak terkadang tidak memahami rasa lelah di mata yang dirasakan,” Ungkap dr.Devina

Smatphone mengeluarkan sinar biru yang mempunyai panjang gelombang yang bisa masuk ke bola mata, salah satunya ke bagian retina. Dokter Devina menyarankan agar paparan sinar dari smartphone sebaiknya dikurangi sejak dini sebab akan menimbulkan efek buruk baik terhadap sel retina mata untuk jangka panjang.

Pada prinsipnya jangan dahulu memperkenalkan smartphone ke anak usia dibawah dua tahun jika tidak perlu-perlu betul karena berdasarkan penelitian American Academy of Pediatrics, paparan sinar yang ditimbulkan oleh gadget itu tidak hanya memberikan efek buruk pada mata tetapi juga menimbulkan gangguan kognitif seperti keterlambatan bicara, kurangnya dalam interaksi sosial dan obesitas,” ujar dr.Devina.

Untuk itu Moms jika anak terpaksa menggunakan gadget maka berilah jeda waktu paling tidak 10 sampai 15 menit dalam 1 jam, hal ini untuk mencegah mata agar tidak lelah dan menimbulkan efek buruk lainnya.

19 views

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *