Perlu di Ketahui Cara Bersin yang Benar

Bersin adalah hal yang biasa terjadi saat rongga hidung terasa gatal dan tak nyaman. Semua manusia pasti pernah melakukan bersin, maupun saat sehat atau sedang terserang flu.

Namun, apakah Anda sudah bersin dengan baik dan benar? Apakah ada tata cara khusus untuk bersin? Jawabannya: ada. Lalu, apa saja itu?

bersin seringkali dianggap sepele, karena sering terjadi dan tidak menyebabkan komplikasi kesehatan yang parah. Namun faktanya, melakukan bersin juga punya tata cara agar bersin lebih nyaman dan tidak menyebabkan gangguan lain setelahnya.

Cara bersin yang pertama ialah, lakukanlah dengan mulut terbuka dan mata tertutup. Kedua hal tersebut, dapat membantu tubuh memberikan tekanan pada hidung, sehingga udara keluar dengan baik.

Jika mulut atau mata tertutup, bersin bisa jadi menyakitkan dan memberikan rasa tak nyaman pada tenggorokan atau langit-langit mulut.

Mengetahui tata cara bersin adalah cara yang harus dilakukan, karena akan menentukan dampak dari bersin tersebut pada tubuh setelahnya. Ketika sedang flu atau mengalami hidung tersumbat, tata cara bersin juga harus diperhatikan.

Caranya, dengan menutup salah satu lubang hidung ketika bersin. Dalam hal ini tutuplah lubang hidung yang tidak tersumbat, agar lendir yang mengganjal pada hidung yang tersumbat bisa keluar dengan baik dan hidung lebih bersih.

Selain itu, perhatikanlah faktor kebersihan ketika Anda bersin. Selalu gunakan kain lap atau tisu untuk melakukan bersin. Jika hanya menutupnya dengan tangan, maka kuman dan bakteri yang keluar bisa melekat pada permukaan kulit, dan terbawa kembali masuk ke dalam tubuh. Untuk itu, penggunaan lap atau tisu adalah hal yang penting.

Jangan lupa, selalu bersihkan tangan dan hidung Anda setelah bersin. Dengan begitu, risiko terserang penyakit akan dikurangi, karena bakteri yang tersapu bersih dengan mencuci tangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *