Kenali TBC Tulang : Saat Bakteri Sudah Menyebar Ke Tulang

TBC tulang biasanya diderita oleh orang dewasa muda atau anak di atas usia 6 tahun, meskipun anak-anak berusia satu tahun dan orang yang lebih tua juga dapat terinfeksi. Orang dengan TBC tulang akan mengeluh bahwa satu atau lebih persendiannya terasa menyakitkan dan kaku selama beberapa minggu. Ini merupakan gejala awal yang paling umum dari TBC tulang. Penderita juga bisa merasa tulangnya lemah.

Rasa sakit yang dialami berkisar antara ringan sampai sedang. Jenis rasa sakit yang dialami penderita pun tergantung dari lokasi tepatnya TBC menyerang. TBC spinalis yang menyerang tulang belakang, atau juga biasa disebut penyakit Pott biasanya memengaruhi bagian toraks (dada belakang), sehingga menyebabkan nyeri punggung dan bentuk tulang punggung yang aneh seperti bungkuk. Sedangkan TBC yang menyerang persendian dapat menyebabkan rasa sakit dan kaku yang menyakitkan pada tulang yang sekitar sendi. Sendi yang terinfeksi terisi dengan cairan dan otot-otot di sekitarnya dapat mengelupas.

Gejala umum lainnya yang bisa muncul atau mungkin tidak muncul akibat dari TBC tulang, yaitu:

Demam
Berkeringat di malam hari
Kehilangan nafsu makan dan berat badan
Kelelahan

TBC tulang yang menyerang tulang belakang biasanya mengalami gejala umum seperti di atas. Namun, penderita TBC tulang yang menyerang persendian biasanya tidak mengalami gejala umum tersebut.
Bagaimana cara mencegah TBC tulang?

Dengan mencegah penyakit TBC paru berarti Anda juga mencegah TBC tulang. Mulailah dari diri sendiri, selalu jaga kebersihan diri sendiri dan konsumsi makanan dengan gizi seimbang untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Sehingga, tubuh Anda bisa dengan mudah menangani jika ada infeksi bakteri atau virus apapun masuk ke dalam tubuh Anda.

Jika Anda menderita TBC paru, sebaiknya obati penyakit Anda dengan baik. Sebaiknya patuhi pengobatan yang diberikan dokter Anda. Dengan begitu, penyakit TBC paru Anda bisa cepat sembuh dan tidak menyebar menyebabkan TBC tulang. Jangan lupa juga untuk mengonsumsi banyak makanan dengan gizi seimbang agar sistem kekebalan tubuh Anda semakin kuat dalam melawan penyakit.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *