Kegiatan Audit Kematian Kasus Demam Berdarah Dengue di Sanipah

Terkait dengan adanya informasi munculnya kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di daerah Sanipah RT.06 Kecamatan Samboja Kabupaten Kutai Kartanegara,  oleh petugas UPTD Puskesmas Handil Baru dilakukan audit kematian kasus Demam Berdarah Dengue pun digelar, Sabtu (26/12/2015).

Demam Berdarah Dengue (DBD) masih merupakan masalah kesehatan masyarakat dan salah satu penyakit menular yang potensial menimbulkan kejadian luar biasa atau wabah sehingga dilakukan pula upaya penyuluhan kepada masyarakat terhadap pemahaman penanganan Demam Berdarah Dengue (DBD) ini.

Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) cenderung menyerang anak-anak,  dalam data yang diperoleh kasus DBD di daerah Sanipah telah merenggut 1 orang meninggal dunia yaitu anak berusia 4 tahun. Untuk itu petugas UPTD Puskesmas Handil Baru melakukan audit penyebab kematian tersebut dengan survey jentik-jentik di sekitar rumah warga dan setiap rumah yang sudah diperiksa akan didata dan diberikan bubuk abate.

 

IMG_20151228_083011
Survey Jentik Di Lokasi Sanipah

IMG_20151228_083008

Dihimbaukan pula kepada seluruh lapisan masyarakat agar berperan aktif dalam upaya memerangi penyakit demam berdarah dengan secara rutin melakukan upaya pemberantasan sarang nyamuk yaitu dengan menguras atau menutup tempat penampungan air dan mengubur barang bekas serta menabur serbuk abate.

4 views

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *