Pentingnya Perawatan Gigi dan Mulut untuk Ibu Hamil!

Sebagian Ibu hamil masih ada yang belum mengetahui bahwa betapa pentingnya perawatan gigi dan mulut selama kehamilan. Memang masa kehamilan adalah masa yang membahagiakan bagi setiap pasangan. Tulisan ini tidak bermaksud untuk menakut-nakuti, akan tetapi diharapkan pembaca bisa mengetahui lebih dalam kenapa perawatan gigi dan mulut itu penting serta bagaimana pencegahannya agar ibu hamil & janin tetap terjaga kesehatannya.

Mungkin pembaca sudah menyadari bahwa selama kehamilan, sang ibu akan mengalami perubahan fisik, perubahan hormonal, dan perubahan perilaku. Perubahan-perubahan tersebut tentu berpengaruh juga pada kesehatan gigi dan mulut mereka. Tidak bisa dipungkiri bahwa selama masa kehamilan calon ibu sering kali mengalami keluhan pada gigi dan mulut. Bahkan, jika sebelumnya sudah memiliki masalah pada gigi dan mulut, pada saat hamil kondisi tersebut bisa lebih parah.

Meskipun begitu, kebanyakan Ibu hamil lebih memprioritaskan kepada perawatan-perawatan khusus (seperti perawatan payudara untuk memperlancar ASI dll ) tanpa harus mengetahui bahwa perawatan lainnya (seperti perawatan gigi) juga perlu diketahui dan dipahami oleh Ibu hamil. Padahal perawatan kehamilan (seperti perawatan gigi) juga penting dilakukan, karena apabila tidak dilaksanakan akan membahayakan kesehatan janin yang sedang dikandungnya. Oleh karena itu sangat disarankan dilakukan konsultasi ke dokter gigi ketika seseorang sudah merencanakan kehamilan guna melakukan pencegahan dan perawatan. Berikut beberapa hal yang mendasari mengapa perawatan gigi selama kehamilan itu penting, diantaranya :

  • Infeksi gusi pada ibu hamil bisa menularkan infeksinya pada janin melalui peredaran darah plasenta. ( dikutip dari: penelitian yang dimuat Journal Of Obstetrics Gynecology, Yiping Han peneliti dari Case Western Reserve University tahun 2010). Hasil penelitian tersebut membuktikan bahwa kuman Fusobacterium nucleatum yang menginfeksi gusi ibu, juga ditemukan dalam tubuh janin. Bila infeksi pada gusi tersebut berlangsung dalam waktu yang lama, dapat menyebabkan resiko keguguran.
  • Bakteri penyebab gigi berlubang (Streptococcus mutans) bisa menyebar ke seluruh tubuh melalui sirkulasi darah, sehingga bakteri tersebut dapat dengan cepat mencapai jantung. Apabila hal tersebut terus menerus berlangsung, dapat menyebabkan gangguan jantung pada ibu hamil. (dikutip dari: penelitian North Carolina dalam Intisari 2010).
  • Ibu hamil dengan gangguan kesehatan gigi dan mulut beresiko 3-5x lebih besar melahirkan bayi premature dan bayi dengan berat badan lahir rendah. (dikutip dari: hasil riset Academy of General Denistry).
  • Selain berguna untuk menghindari resiko bayi lahir dengan berat badan rendah serta resiko lahir premature, perawatan gigi dan mulut selama kehamilan juga bermanfaat resiko terjadinya pre-eklamsia atau keracunan selama kehamilan sebesar 5-8%. (dikutip dari: hasil riset Journal of Periodontology).

    -pakargigi

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *