Penyelidikan Kasus Epidemiologi Demam Berdarah

Kelurahan Kuala Samboja Kecamatan samboja di wilayah kerja Puskesmas Handil baru sebagian besar rumah diatas rawa-rawa dengan tingkat kepadatan penduduk yang tinggi.

Hasil survey jentik ditemukan di Kelurahan Kuala Samboja RT.19 terdapat tempat-tempat perindukkan nyamuk seperti tampungan air hujan diluar rumah seperti drum, penampungan air didalam ataupun disekitar rumah penderita. Dan setelah dilakukan pemeriksaan terhadap jentik-jentik nyamuk ternyata paling banyak jenis jentik nyamuk Aedes, yang didukung dengan kondisi curah hujan yang tidak menentu sehingga penyebaran penyakit ini menjadi cepat menular kepada penduduk yang berada di desa tersebut.

Berdasarkan penyelidikan tersebutlah  di Kelurahan Kuala Samboja Rt. 19 pada pertengahan september, diketahui terdapat 9 orang yang positif demam berdarah dan 1 diantaranya meninggal dunia yaitu seorang balita berumur 4 tahun.

Upaya penanggulangan untuk mencegah penyakit dan juga kematian selalu terus dilakukan Puskesmas Handil Baru terhadap penyakit demam berdarah ini dan juga diperlukan kesadaran masyarakat agar terus aktif mencegah perindukkan nyamuk disekitar tempat tinggalnya .

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *